cover pssafety

Keamanan Pasien: Tantangan dan Peluang

“Patient Safety is a a world in which patients are treated as partners in efforts to prevent all avoidable harm in health care. Patient Safety calls for honesty, openness and transparency, and aims to make the reduction of health-care errors a basic human right that preserves life around the world.”  

London Declaration, 2005

Masalah keamanan pasien (pasient safety) sudah cukup lama mendapatkan perhatian dunia medis karena dampaknya yang besar terhadap hasil (outcome) pengobatan dan biaya yang harus ditanggung pasien. Secara sederhana patient safety diterjemahkan sebagai terbebasnya pasien dari cidera atau akibat yang dialami selama berada dalam perawatan medis, baik di rumah sakit ataupun klinik. Keamanan pasien bisa berupa efek samping pengobatan, kesalahan klinis yang dilakukan petugas medis baik sengaja ataupun tidak, dan termasuk juga kejadian nyaris-mati (near-miss) pada persalinan. Untuk pasien, bebas dari cidera atau kejadian tidak dikehendaki selama perawatan penting, terutama terkait dengan asuransi.

Keselamatan pasien adalah sistem dan ciri terpenting dari layanan berkualitas. Tata laksananya melibatkan tidak hanya dokter dan petugas kesehatan lainnya, tetapi juga jajaran manajemen rumah sakit, serta pertimbangan-pertimbangan non-klinis menyangkut cost-effectiveness pengobatan. Tantangan yang tak kalah besarnya adalah kompleksitas prosedur pengobatan yang, meski terstandardisasi, juga dipengaruhi oleh pengalaman petugas kesehatan, ketersediaan fasilitas, dan kondisi individual pasien. Situasi ini sering kali harus berhadapan dengan keterbatasan pemahaman pasien.

Yang jelas praktik patient safety bertujuan untuk menyelamatkan nyawa pasien serta menurunkan angka kesakitan (morbiditas). Karena itu Kebijakan Keselamatan Pasien Nasional sangat dibutuhkan.

Download