Masjid Ramlie Musofa

1 2 3 4 5 6

Dijakarta terdapat masjid unik dan menarik sekaligus megah, salahsatunya Masjid Ramlie Musofa di daerah Sunter Jakarta Utara. Unik karena di bangun oleh kaum Tionghoa yang menjadi mualaf, memang masjid Ramlie Musofa ini berdiri di atas tanah 2.000 m2 dengan konsep yang mirip masjid di India. Dimulai pembangunannya pada tahun 2011 memakan waktu sekitar 5 tahun dan baru saja  15 Mei 2016 diresemikan langsung oleh Pak Haji Ramli Rasidin dan Prof. Dr. H Nasaruddin Umar. Masjid ini dinamakan Ramlie Musofa ini adalah singkatan dari ketiga anaknya anak Haji Ramli yaitu Muhammad, Sof ian, dan Fabian.

Ini kepanjangan dari Masjid Ramlie Musofa

Ram=Ramli Rasidin
Lie=Lie Njoek Kim
Mu=Muhammad Rasidin
So=Sofian Rasidin
Fa=Fabianto Rasidin

Masjid ini memiliki ketinggian sekitar 35  Meter ini dibagun oleh arstiek Julius Danu, marmer didatangkan dari Itali dan Turki. Disetiap sisi pelataran terdapat potongan ayat dari surat kitab suci Al-quran yaitu surah Al-Qari’ah, di sisi kanan kiri nya surat Al-Fatihah yang juga menggunakan tiga bahasa yaitu Arab, Mandarin dan Indonesia. Dibawah tangga terdapat tempat wudhu yang nyaman Yang berbeda adalah semua tulisan memiliki tulisan berbahasa Indonesia, Arab dan Mandarin.

Memasuki bangunan 4 lantai ini kita bisa melihat kemegahannya didalam , melalui pintu gerbang yang serba putih ini kita bisa melihat ukuran detail dan aksara arab dan mandarin menjadi satu menarik perhatian.

4 Lantai lantai pertama paling bawah , tembus dengan tempat wudhu, lantai kedua merupakan tempat sembahyang utama, kemudian naik satu lantai lagi di lantai ke tiga yang merupakan balkon yang bisa dipakai untuk sembayang wanita , sedangkan lantai 4 paling atas kita bisa melihat keindahann arsitektur dan pilar pilarnya. Hal unik di masjid ini tidak akan ditemukan pengeras suara yang sering kali ada dan pasti ada di setiap masjid , dimasjid ini hanya ada imam/kotib yang akan mengumandangkan azan tanpa menggunakan pengeras suara.