web

 

AIDS: Let’s Bring Out the Best!

 Telah 30 tahun berlalu sejak kasus pertama AIDS ditemukan di Indonesia. Banyak yang telah kita lakukan, meski masih banyak lagi yang perlu dilakukan. AIDS juga mengajarkan banyak pengetahuan dan keterampilan kepada kita. Virologi, imunologi, hematologi, keperawatan, konseling, prevensi, empati, komunikasi, dukungan sebaya, kesehatan masyarakat … Mungkin lebih banyak hikmah yang kita dapatkan dari pada sebaliknya.

AIDS mungkin satu-satunya epidemi di era modern yang mendapat perhatian begitu besar dari seluruh lapisan. Mulai dari politisi, selebriti, professional di bidang medis, semuanya. Tak terhitung anggaran yang sudah dikeluarkan untuk berbagai riset, kampanye pencegahan dan penghapusan stigma, maupun untuk akses obat gratis. Itu semua menunjukkan satu hal: bahwa AIDS telah mengaktualkan potensi kebaikan yang ada di dalam diri setiap orang yang peduli.

Masih banyak yang harus dilakukan, dan selayaknya kepedulian itu selalu dijaga. Data estimasi yang dilansir oleh Kementerian Kesehatan RI 2014 menunjukkan dari perkiraan 600.000 orang yang terinfeksi HIV, baru sekitar sepertiga di antaranya yang terdiagnosa. Kemudian, dari sekitar 200.000 orang yang sudah terdiagnosa tersebut, baru sekitar seperempat yang mendapatkan akses ke terapi ARV. Padahal, meskipun obat yang menyembuhkan HIV sama sekali, atau vaksin yang amat kita butuhkan belum ditemukan, ARV telah ditengarai menekan kadar virus dalam darah menjadi tidak terdiagnosa, dan karenanya penularan bisa dicegah. Apa yang lebih baik dari mengendalikan vektor dalam manajemen penyakit menular?

Menyambut Hari AIDS Internasional yang jatuh pada setiap tanggal 1 Desember, kembali Ikatan Penyakit Dalam FKUI-RSCM mengadakan pameran foto yang bertujuan membangkitkan optimisme kita semua bahwa AIDS bukannya tidak bisa dikendalikan. Juga membangkitkan kepercayaan diri bahwa di tengah situasi serba terbatas seperti sekarang, kita masih bisa melakukan hal-hal baik dan positif untuk sesama. Terus berkiprah, terus melangkah, dan terus berkarya untuk lahirnya generasi yang bebas dari AIDS …

 

Pameran Foto Bersama dari Kerukunan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Ilmu Penyakit Dalam

Berbagi Lensa: Harapan untuk Semua

Lobby RSCM Kencana | Selasar Gedung A | Selasar Lorong Kencana, RSCM -  Jakarta

30 Nov – 4 Des 2015

Pembukaan 30 November 2015. Waktu: 10.00 WIB

didukung oleh www.zubairidjoerban.org